Daftar Perumahan Mahal Depok dan Tips Aman Memilih Perumahan

Perumahan mahal Depok ada di kisaran harga Rp1-2 miliar. Pembangunan perumahan mewah di Depok tergolong masih tertinggal dibanding kawasan-kawasan lain di Jabodetabek.

Daftar Perumahan Mahal Depok dan Tips Aman Memilih Perumahan

Selain Pesona Khayangan, ada beberapa perumahan yang dipasarkan dengan harga tidak wajar seperti Grand Depok City, Victoria Hills Residence, Permata Green Sentosa, Bella Casa Residence dan Panorama Garden.

Grand Depok City, Victoria Hills Residence dan Permata Green Sentosa dijual dengan harga Rp2 miliar, sedangkan yang lain di bawah itu. Rincian tipe dan harganya sebagai berikut:

1. Grand Depok City, memasarkan beberapa unit rumah di Alamanda Boulevard dengan tipe 137/120-175 seharga Rp2-2,7 miliar, di cluster Viscany dengan tipe 105/128 seharga Rp1,9 miliar dan di beberapa cluster lain yang ukuran bangunannya lebih kecil dengan tanah lebih luas.

2. Permata Green Sentosa, memasarkan rumah tipe 100 dan 120, dengan tanah seluas 152-213 meter persegi seharga Rp1,69-2,57 miliar. Model rumahnya sangat klasik dengan carport yang muat untuk dua mobil.

3. Victoria Hills Residence, tanah per meter persegi dibandrol dengan harga Rp10-11 juta. Tipe rumah 95/168 dibandrol Rp2,2 miliar, sementara tipe 102/105 dibandrol Rp1,5 miliar.

4. Bella Casa Residence, memasarkan rumah tipe 69 dan 70 seharga Rp1,22-1,9 miliar dengan tanah seluas 124-239 meter persegi.

5. Panorama Garden, memasarkan 42 unit rumah bertipe 90/73-90 dengan harga mulai dari Rp1,1 miliar.

Perumahan mahal Depok tersebut dipicu oleh harga tanah yang semakin tinggi.

Tips Aman Dalam Memilih Perumahan

Sekarang ini, banyak pihak yang menawarkan rumah dengan kualitas baik, seperti broker properti dan pengembang perumahan. Mereka berlomba-lomba menarik calon pembeli dengan berbagai cara, salah satunya memberikan fasilitas menarik dengan harga terjangkau.

Namun, agar pembeli tidak tertipu, berikut ini tips aman memilih perumahan mahal Depok yang bisa diterapkan:

Ketahui Developer atau Pengembangnya

Umumnya, perumahan yang dipasarkan pengembang masih dalam kondisi belum dibangun. Bahkan, terkadang tanah perumahannya pun masih mentah dan belum terbentuk.

Ini berarti apabila Anda membeli perumahan mahal Depok melalui pengembang, sama dengan membeli “janji” dengan “uang dan kepercayaan”. Percaya pada janji pengembang untuk mewujudkan perumahan yang telah dibeli dan memberikannya pada Anda tepat waktu.

Akan tetapi, untuk mempercayai seorang pengembang diperlukan pemahaman terhadap beberapa hal, seperti nama besar, reputasi serta komitmen yang diberikan. Hal-hal tersebut bisa diketahui dengan cara mencari informasi apakah pengembang menyerahkan perumahan yang dipasarkan beserta sertifikatnya pada pembeli tepat waktu di proyek-proyek sebelumnya.

Sebab, dalam kasus-kasus yang pernah terjadi pengembang tidak segera membangun perumahan atau memberikan sertifikat atas rumah tersebut pada pembeli. Penting untuk diketahui bahwa sebagai pembeli, Anda tidak akan memenangkan kasus hukum yang diperkarakan terhadap pihak pengembang.

Tema dan Masterplan Perumahan

Biasanya setiap perumahan, termasuk perumahan mahal Depok telah memiliki tema dan masterplan yang ditentukan oleh pengembang. Tema dan masterplan yang merupakan identitas sebuah perumahan bisa dilihat pada brosur atau promosi iklan.

Contoh sebuah perumahan memiliki tema dan masterplan kota hijau, berarti kawasan tersebut tidak dibangun di lingkungan industri. Selain bentuk dan model bangunan rumah, tema dan masterplan adalah kriteria perumahan yang harus diperhatikan.

Suplai Air Bersih

Saat akan membeli perumahan mahal Depok, Anda harus menanyakan suplai air bersihnya kepada pengembang, apakah menggunakan air PDAM atau air sumur. Sebab, masalah air bersih di kota-kota besar, seperti Jakarta masih menjadi persoalan yang belum bisa terpecahkan.

Walaupun telah ada PDAM yang bekerja sama dengan perusahaan asing, suplai air bersih ke rumah-rumah warga masih sering tersendat.

Dalam hal ini, solusi yang bisa dilakukan adalah memakai air sumur. Selain gratis, air sumur mudah didapatkan. Tapi, saat ini banyak informasi mengenai air sumur yang telah terkontaminasi limbah industri dan air laut, sehingga bila dikonsumsi dalam jangka waktu lama bisa merusak kesehatan.

Fasilitas Umum Yang Tersedia

Umumnya, pengembang menawarkan kompleks perumahan bersamaan dengan fasilitas umum seperti jaringan listrik, telepon, penampungan air, pengelolaan limbah, alat pemadam kebakaran, tempat kesehatan, sarana ibadah serta kolam renang.

Fasilitas-fasilitas tersebut dapat memenuhi kebutuhan pembeli akan gaya hidup. Memilih ketersediaan fasilitas pada perumahan mahal Depok dengan seksama akan memberi peluang lebih besar untuk mendapat capital gain.

Tapi, pengembang biasanya menghindari memenuhi kelengkapan fasilitas sejak awal karena dinilai berpotensi mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Apalagi jika ada resesi, biaya yang dikeluarkan pengembang tidak akan kembali.

Fasilitas lengkap yang ada sejak awal juga membuat pembeli harus membayar lebih tinggi. Membangun fasilitas secara bertahap akan memberi manfaat kepada pembeli pertama serta meningkatkan nilai properti tersebut. Namun, pembeli harus siap-siap dengan kenaikan harga rumah bila fasilitasnya belum lengkap.

Pengembang Menjalankan Divisi Manajemen Estate atau Tidak

Nilai jual perumahan mahal Depok di kemudian hari, selain dipengaruhi oleh fasilitas juga kondisi fisik lingkungan. Mengetahui rencana jangka panjang pengembang terhadap kawasan perumahan merupakan pemikiran yang tepat.

Lahan-lahan kosong harus dijaga supaya tidak menjadi daerah kumuh akibat pengembangan yang kurang disiplin. Ketahui pula upaya pengembang untuk mencegah perumahan jatuh di kemudian hari.

Hal-hal tersebut dapat dilihat dari seberapa baik riwayat divisi manajemen estate yang mengelola masalah fasilitas, asosiasi pemilik serta sampah lingkungan.

Rumah adalah tempat berlindung yang ditinggali selama jangka waktu tertentu, bahkan selamanya. Sehingga, perlu langkah yang bijak dan hati-hati dalam memilihnya. Dengan beragam tawaran, pilihan calon pembeli pun menjadi lebih banyak.

Faktor utama yang harus dipertimbangkan dalam memilih rumah adalah kualitas dan fasilitas. Kualitas baik didukung fasilitas yang lengkap, seperti perumahan mahal Depok dapat memberi kenyamanan bagi orang yang tinggal di dalamnya.