Cara Kredit Rumah di Daerah Depok

Kredit perumahan depok merupakan usaha yang sekarang sedang banyak dijalani oleh beberapa orang. Usaha menawarkan kredit perumahan di daerah Depok menjadi sangat menjanjikan karena sudah banyak lapangan kerja yang terdapat di daerah tersebut. Hal tersebut tentunya akan menambah minat masyarakat untuk berpindah rumah ke Depok.

Cara Kredit Rumah di Daerah Depok

Bagi mereka yang sudah memiliki hunian tetap tentunya tidak akan merasa kesulitan dalam hal tempat tinggal. Akan tetapi, bagaimana bagi mereka yang belum memiliki hunian tetap dan ingin memilikinya?

Pertimbangannya cukup masuk akal karena beberapa orang masih harus pulang pergi dari rumah menuju tempat kerja di Depok. Kredit perumahan Depok merupakan salah satu alternatif yang bisa dipilih selain tinggal di tempat kos ataupun kontrakan.

Biasanya yang memilih untuk membeli perumahan secara kredit adalah mereka yang telah berpasangan sebagai suami istri muda yang ingin mencoba hidup mandiri. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan juga bagi mereka yang masih sendiri agar mempunyai tabungan dimasa yang akan datang.

Tipe – tipe kredit rumah

Bagi anda yang tertarik untuk membeli rumah di Depok secara kredit, tentunya anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis atau tipe kredit rumah yang biasanya ditawarkan. Hal tersebut nantinya sedikit banyak akan membantu anda untuk memberikan keputusan secara matang dalam melakukan kredit perumahan.

Berikut beberapa tipe atau jenis kredit rumah:

a. KPR Bersubsidi

KPR bersubsidi ini merupakan kredit yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat yang kurang mampu dan belum memiliki tempat tinggal secara tetap. Biasanya bagi mereka yang mengambil jenis KPR ini, akan mendapatkan tempat tinggal yang jauh dari keramaian atau masih sangat sulit akses kesana.

Hal tersebut dikarenakan jika KPR bersubsidi tersebut diganti dengan uang maka kurang lebih nilai yang harus dibayarkan yaitu 120 juta. Sangat murah untuk perhitungan rumah kredit. Rumah yang disediakan oleh KPR Bersubsidi biasanya rumah tipe 36.

b. KPR Konvensional

Jenis KPR ini yang banyak masyarakat ikuti untuk melakukan kredit motor. Padahal masih banyak jenis KPR yang bisa diikuti dan memiliki keuntungan yang lebih banyak. KPR konvensional merupakan KPR yang disediakan oleh berbagai bank.

Setiap bank memiliki kebijakan masing – masing untuk menentukan syarat dan suku bunganya. Bagi anda yang telah mengikuti KPR konvensional tentunya harus tahu tentang konsekuensi yang akan terjadi, salah satunya yaitu membayar denda apabila melakukan keterlambatan pembayaran cicilan rumah.

Hal tersebut tentunya sangat membebani bagi mereka yang belum bisa melunasi cicilan per bulannya. Lama pinjaman KPR adalah kurang lebih 25 tahun.

c. KPR Syariah

Jenis KPR ini merupakan KPR yang sedang banyak dicari oleh beberapa orang yang ingin melakukan kredit rumah. Prinsip yang diangkat oleh KPR syariah ini adalah jual beli secara sah.

Alur KPR Syariah ini yaitu, pihak bank akan membayar secara lunas rumah yang anda inginkan kemudian setelahnya anda hanya tinggal membayar angsuran sesuai dengan kesepakatan. Untuk pembayaran angsuran di KPR syariah tidak akan mendapatkan bunga.

Hal tersebut tentunya sangat menguntungkan bagi orang yang khawatir akan rate bunga yang naik turun setiap saat. Jangan khawatir, cicilan yang anda lakukan setiap bulannya sudah termasuk dengan keuntungan KPR syariah tersebut.

Dari jenis KPR yang ditawarkan untuk melakukan kredit rumah, tentunya anda sekarang sudah memahami berbagai macam tipe KPR. Oleh sebab itu, pasti anda sudah menentukan untuk menggunakan KPR jenis apa sebagai perantara melakukan kredit perumahan di Depok.

Pastikan anda memilih KPR yang tidak memberatkan bagi anda. Selain itu beberapa perumahan di daerah Depok juga termasuk kedalam perumahan baru. Perumahan – perumahan tersebut dibangun dekat dengan pusat kota Depok, sehingga akses ke pusat perbelanjaan atupun sekolah akan sangat mudah terjangkau.

Kota Depok juga sekarang sudah menjadi banyak pilihan bagi anda yang ingin membeli rumah dengan cara kredit, karena harga yang ditawarkan masih relatif lebih murah dibandingkan dengan perumahan di daerah lain.

Cara melakukan kredit perumahan di Depok

Cukup mudah untuk mengajukan kredit atau melakukan kredit perumahan di Depok. Caranya hampir sama dengan melakukan kredit di tempat lain. Bagi anda yang belum mengetahui, berikut tahapan cara mengajukan kredit perumahan:

1. Pada awalnya anda harus bertemu dengan penjualnya terlebih dahulu untuk menanyakan surat – surat atau keberadaan kepemilikan rumah yang akan dijual.

Selain itu juga bertujuan untuk melihat rumah yang akan dijual, apakah cocok dengan keinginan atau belum. Pertemuan tersebut juga dapat memberikan perjanjuan mengenai harga yang ditawarkan oleh si penjual kepada pembeli. Jika sudah cocok, maka dilakukan perjanjian secara tertulis.

2. Setelah deal dengan penjual, maka pembeli harus mencari KPR dibank yang dapat melayani pengajuan kredit rumah.

Syarat yang harus di bawa ketika mencari KPR dibank adalah kartu keluarga, KTP, NPWP, surat nikah, slip gaji 3 bulan terakhir, surat keterangan kerja dan rekening koran minimal 3 bulan terakhir.

Jangan lupa untuk membawa dokumen rumah yang akan dibeli seperti fotokopi sertifikat, fotokopi IMB, fotokopi bukti pembayaran PBB tahun terakhir dan surat kesepakatan jual beli rumah antara penjual dan pembeli diatas materai.

3. Tahap appraisal. Jika bank sudah menyetujui maka tahap selanjutnya adalah tahap appraisal.

Tahap ini merupakan tahap pengecekan rumah yang akan dibeli. Biasanya dalam melakukan pengecekan hanya akan diikuti oleh pihak bank dan penjual. Pada tahap ini bank akan menginformasikan biaya yang harus dibayar oleh pembeli dan biaya yang ditanggung oleh bank.

4. Terbitnya surat perjanjian kredit.

Jika dirasa sudah sesuai tahap appraisal yang dilakukan maka akan muncul surat perjanjian kredit yang ditanda tangani oleh bank, penjual, pembeli dan notaris terkait.

5. Jika surat tersebut tidak ada revisi yang berarti, maka tahap selanjutnya adalah penandatanganan akad jual beli rumah secara sah.

Dengan di tandatanganinya perjanjian akda tersebut, maka rumah penjual sudah menjadi rumah si pembeli dengan menggunakan KPR yang ditawarkan oleh bank terkait. Nah, cukup mudah bukan untuk melakukan kredit perumahan depok?

Anda hanya perlu lebih cermat dalam menentukan KPR yang menjamin kredit rumah anda.